Manfaat Jamur

Para peneliti dari Boston University School of Medicine mempresentasikan di the American Society for Biochemistry and Microbiology annual meeting in Boston 22 April 2013 bahwa mengkonsumsi jamur yang mengandung Vitamin D2 dapat secara efektir meningkatkan dan menjaga level vitamin D. Vitamin D penting bagi kesehatan tulang dan kekuatan otot sehingga mengurangi resiko osteomalacia, osteoarthritis da osteoporosis. Vitamin D juga bereran dalam system imun sehingga membantu tubuh melindungi dari infeksi dan flu serta resiko terserang kanker, penyakit jantung, depresi dan diabetes.
Link http://www.sciencedaily.com/releases/2013/04/130422132801.htm
Silahkan sebutkan manfaat mengkonsumsi salah satu jamur yang dibudidayakan dan dipanen sebagai jamur (sebut jamurnya) atau jamur yang dipanen dengan substratnya (sebut nama produknya) atau hasil metaboli jamur (sebut produknya). Sebutkan pula sumbernya dengan menulis link sumber

Iklan

Tentang ptp2007

Nur Hidayat dosen di TIP, sebagai ketua Lab Bioindustri. Dalam organisasi profesi sebagai ketua IV PATPI Pusat dan sie Penerapan Teknologi PERMI Pusat. Penulis sejumlah Buku Teknologi Pangan.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.

70 Balasan ke Manfaat Jamur

  1. NAMA: CHINTIA DARY K
    NIM: 125100318113006
    TIP UB KEDIRI

    Jamur Shitake, Penghambat Virus HIV

    Salah satu alasan mengapa BPPT sampai melakukan penelitian terhadap khasiat jamur pangan dan kemudian mensosialisasikannya ialah karena jamur tersebut-terutama Shitake-memiliki senyawa beta-glucan untuk menghambat virus HIV (Human Immunodeficency Virus).

    Sebagaimana diketahui, virus HIV mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh bagi penderitanya yang kemudian disebut dengan AIDS. Adapun kemampuan Jamur Shitake dalam menghambat HIV ini sebelumnya telah diuji dalam sebuah riset di Jepang.

    Sebenarnya, selain Jamur Shitake, kandungan beta-glucan yang terkandung dalam jamur pangan lainnya juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga bermanfaat sebagai penurun kadar kolesterol, anti-kanker, anti-virus, dan juga anti-diabetes. Yang menjadi kelebihan dari beta-glucan ini ialah sifatnya yang tidak pernah rusak sekalipun jamur dimasak dengan suhu tinggi.

    Kandungan gizi di dalam jamur boleh dikatakan cukup tinggi, dimana didalamnya mencakup protein, lemak tidak jenuh, serat, asam amino esensial, mineral, hormon, enzim, vitamin, dan lainnya.

    Diharapkan dengan adanya peningkatan konsumsi jamur pangan, dapat membantu mengurangi orang-orang yang menderita gizi buruk yang selama ini jumlahnya masih cukup signifikan.

    Baca informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/berbagai-manfaat-dari-jamur.html#ixzz2j5NBt0o4

  2. PUSPITA MENTARI PUTRI berkata:

    Jamur Putih atau White Mushroom
    Kategori jamur putih seperti portobello, cremini, jamur kuping, jamur kancing memiliki jenis karbohidrat yang baik untuk mempertahankan kadar gula darah namun tidak menyebabkan penumpukan ‘kerak’ dalam pembuluh darah. Sebaliknya khasiat jamur terbukti mampu membantu menurunkan berat badan dengan merangsang sistem metabolisme bekerja lebih cepat untuk membakar lemak. Jamur ini juga tinggi selenium yang memiliki efek positif memerangi kanker prostat.
    Jamur Shimeji
    Jamur ini sering dipakai dalam masakan Asia terutama, China, Jepang dan Korea. Mereka sangat suka mengkonsumsi jamur shimeji lantaran jamur ini terbukti mampu memperlambat dan menghancurkan sel tumor yang tumbuh di tubuh. Didukung oleh National Cancer Institute of Japan yang membuktikan kandungan beta-glukan dalam shimeji dapat dijadikan obat kanker.

  3. PUSPITA MENTARI PUTRI berkata:

    NAMA : PUSPITA MENTARI PUTRI
    NIM : 125100318113026
    TIP UB KEDIRI

    Jamur Putih atau White Mushroom
    Kategori jamur putih seperti portobello, cremini, jamur kuping, jamur kancing memiliki jenis karbohidrat yang baik untuk mempertahankan kadar gula darah namun tidak menyebabkan penumpukan ‘kerak’ dalam pembuluh darah. Sebaliknya khasiat jamur terbukti mampu membantu menurunkan berat badan dengan merangsang sistem metabolisme bekerja lebih cepat untuk membakar lemak. Jamur ini juga tinggi selenium yang memiliki efek positif memerangi kanker prostat.
    Jamur Shimeji
    Jamur ini sering dipakai dalam masakan Asia terutama, China, Jepang dan Korea. Mereka sangat suka mengkonsumsi jamur shimeji lantaran jamur ini terbukti mampu memperlambat dan menghancurkan sel tumor yang tumbuh di tubuh. Didukung oleh National Cancer Institute of Japan yang membuktikan kandungan beta-glukan dalam shimeji dapat dijadikan obat kanker.

  4. I Gusti Putu Afif Cahyo Rivanto berkata:

    Nama : I Gusti Putu Afif Cahyo Rivanto
    NIM : 125100318113021
    Kelas : TIP UB IV KEDIRI
    Jamur merang (Volvariella volvacea) adalah salah satu spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Jamur merang saat ini menjadi salah satu jenis tanaman yang di gemari untuk di konsumsi oleh masyarakat yang berada di wilayah tropis dan sub tropis khususnya adalah Indonesia. Di Indonesia jamur merang dapat diolah menjadi berbagai masakan olahan seperti bakso,sup dan berbagai olahan kripik. Dari hasil penelitian, diketahui jamur merang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Protein yang terkandung sebanyak 5,94%, karbohidrat 50,59% , lemak 0,17 % , abu 1,14 % , dan serat 1,59 %. Selain tu juga terdapat vitamin dan mineral. Per 100 gr tanaman segar mengandung 1,9 mg zat besi, 17 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2 dan 12,40 mg vitamin C. Jamur merang dapat berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti Hipertensi , diabetes, kolesterol, kanker, mengurangi resiko terjadinya stroke. Selain itu jamur merang juga dapat membantu seseorang yang sedang menjalankan program diet, hal itu dikarenakan jamur air merang memiliki kadar air yang tinggi yakni sekitar 80 hingga 90 %. Tanaman ini bagian menjadi diet sehat karena memiliki serat yang cukup tinggi.

    Link : http://anomali-dunia.blogspot.com/2013/03/manfaat-dan-kandungan-jamur-merang-bagi.html

  5. Bayu Septian Widada /125100318113014/ TIP UB Kampus 4 Kediri berkata:

    Manfaat Jamur Kuping Hitam (Auricularia polytricha) sebagai Anti Stroke

    Jamur kuping hitam (Auricularia polytricha ) atau clored ear mushroom merupakan salah satu jenis spesies jamur yang banyak tumbuh didaerah hutan tropis Kalimantan. Jamur kuping hitam berbentuk seperti daun telinga berwarna hitam keunguan dan tumbuh pada kayu yang basah dan lembab. Bentuknya yang unik menyerupai kuping manusia membuat jamur ini mudah diidentifikasi dan dibedakan dari spesies jamur lainnya. Selain di Indonesia, jamur kuping hitam dibudidayakan di Cina, Thailand dan beberapa negara dikawasan Asia timur.

    Di Indonesia, jamur kuping hitam dikenal masyarakat sebagai bahan masakan yang dapat diolah menjadi aneka masakan enak. Sedangkan di Cina, selain digunakan sebagai bahan masakan jamur kupimg hitam digunakan juga sebagai obat tradisional (traditional medicine). Dari penelitian yang telah dilakukan para ahli, pada jamur kuping hitam terdapat senyawa yang dapat mengencerkan darah yang berfungsi sebagai anti koagulansia (mencegah pembekuan darah). Para ahli menyimpulkan secara empiris bahwa jika mengonsumsi jamur kuping hitam secara rutin dapat mencegah timbulnya stroke yang disebabkan oleh pembekuan darah.

    Menjaga dan mencegah timbulnya stroke adalah tindakan bijaksana kareana kesehatan adalah pilar utama yang dapat mendukung aktivitas kehidupan. Untuk mencegah atau mengobati stroke yang aman tampa menimbulkan effek samping (side effect ) dapat digunakan bahan obat alami yang cocok yaitu jamur kuping hitam. Karena khasiatnya sebagai anti koagulan yang dapat melancarkan aliran darah. Jamur kuping hitam dapat dikonsumsi dalam bentuk masakan atau juga diseduh dengan air panas sebagai obat. Cara penyeduhannya dapat dilakukan sebagai berikut: ambil 10-20 gram jamur kuping hitam, kemudian masukan dalam panci, setelah itu tambahkan 3 butir jahe, selanjutnya tuangkan air bersih sebanyak 6 gelas, rebus sampai air yang tersisia dam panci kira-kira 2 gelas, siapkan 2 gelas kosong, kemudian angkat dan tuangkan dalam masing-masing gelas, dan dibiarkan dingin. Minumlah dua kali sehari pagi dan sore.Selamat mencoba, minumlah secara rutin setiap hari sampai keadaan badan sehat.

    sumber:
    http://forumbedayong.weebly.com/3/post/2012/07/manfaat-jamur-kuping-hitam-auricularia-polytricha-sebagai-anti-stroke.html

  6. solagratica berkata:

    Jamur rhizosfer merupakan salah satu faktor biotik yang dapat menginduksi ketahanan tanaman terhadap penyakit. Jenis tanah yang mengandung mineral organik dan anorganik mempengaruhi jenis jamur yang ada. Jamur yang ada di rhizosfer dapat melindungi tanaman terhadap patogen dan meningkatkan kesuburan pertumbuhan tanaman sehinggga digolongkan sebagai jamur pemacu kesuburan tanaman (biofertilizer). Dengan demikian isolat
    jamur yang diisolasi dari rhizosfer tanaman sehat berpeluang besar menjadi alternatif penting bahan baku biofertilizer tanaman.

    sumber: http://www.4shared.com/office/yx1FufLy/8_Susiana_siap.html

  7. Hendrix Dwi Bimantara berkata:

    Hendrix Dwi Bimantara
    125100318113008
    TIP UB KAMPUS 4 KEDIRI

    Jamur lingzhi
    dipercaya dapat meningkatkan proses metabolisme dan menunda penuaan dini. Dari hasil riset peneliti Jepang, terbukti bahwa ganoderma mengandung 800 – 2000 ppm germanium organik, dimana
    4 – 6 kali lebih kuat dari ginseng, selain itu Ganoderma Lucidum juga mengandung polisakarida yang bisa memperkuat system imun. Orang-orang Jepang dan Cina telah membuktikan hal ini, mereka telah mengkonsumsi Jamur ribuan tahun yang lampau.

    lihat selengkapnya di http://jenisjamur.blogspot.com/2012/11/jamur-dan-manfaatnya.html

  8. Nama : PERIN DIANA EPRIDA
    NIM : 125100318113004
    KLAS : TIP UB KEDIRI

    Jamur merang (Volvariella volvacea) adalah salah satu spesies jamur panganAsia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Jamur ini disebut dengan “jamur merang” karena umumnya ditanam di media merang (sekam padi). yang banyak dibudidayakan.
    Namun, jamur merang ternyata dapat tumbuh dengan baik di media olahan kardus bekas. Jamur merang yang ditanam pada media kardus ini selanjutnya lebih dikenal dengan sebutan “jamur kardus”. Jamur kardus dapat menjadi alternatif bagi masyarakat perkotaan yang ingin menanam jamur merang dan kesulitan mendapat media merang, sekaligus merupakan solusi penanganan limbah perkotaan yang semakin meningkat setiap harinya. Hasil panen jamur dari media kardus pun terbukti lebih unggul, yakni lebih putih, lebih kenyal, dan lebih tahan lama. Selain itu, jamur kardus beraroma wangi, tidak seperti jamur merang pada umumnya yang baunya apek.
    Selain pada sekam padi, jamur ini juga bisa tumbuh di media atau sisa-sisa tanaman yang memiliki sumber selulosa, seperti limbah pabrik kertas, limbah biji kopi, ampas batang aren, limbah kelapa sawit, ampas sagu, sisa kapas, dan kulit buah pala.

    Manfaat Jamur Merang
    Jamur mempunyai nilai gizi tinggi terutama kandungan proteinnya (15-20 persen berat keringnya). Daya cernanya pun tinggi (34-89 persen). Sifat nutrisi (kelengkapan asam amino)yang dimiliki oleh jamur lebih menentukan mutu gizinya. Jamur segar umumnya mengandung 85-89 persen air. Kandungan lemak cukup rendah antara 1,08-9,4 persen (berat kering) terdiri dari asam lemak bebas mono ditriglieserida, sterol, dan phoshpolipida.
    Karbohidrat terbesar dalam bentuk heksosan dan pentosan polimer karbohidrat dapat berupa glikogen, khitin dan sebuah polimer N-asetil glikosamin yang merupakan komponen struktural sel jamur. Khitin merupakan unsur utama serat jamur titam putih.
    Jamur juga merupakan sumber vitamin antara lain thiamin, niacin, biotin dan asam askorbat. Vitamin A dan D jarang ditemukan pada jamur, namun dalam jamur tiram putih terdapat ergosterol yang merupakan prekursor vitamin D. Jamur umumnya kaya akan mineral terutama phosphor, mineral lain yang dikandung di antaranya kalsium dan zat besi.
    Shitake juga dikenal sebagai bahan pangan yang mempunyai potensi sebagai obat. Jamur ini dilaporkan mempunyai potensi sebagai antitumor dan antivirus karena mengandung senyawa polisakaridayang dikenal dengan sebutan lentinan. Shitake juga dilaporkan dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan aktivitas eritadenin yang dimilikinya.
    Kandungan asam glutamat pada shitake cukup tinggi. Asam amino tersebut berhubungan dengan cita rasa yang ditimbulkan sebagai penyedap makanan. Selain mempunyai kandungan asam glutamat yang tinggi, shitake juga mengandung 5 ribunukleotida dalam jumlah besar156,5 mg/100 gram.
    Khusus untuk jamur kuping, di samping banyak sekali kegunaannya di dalam susunan menu makanan sehari-hari yakni sebagai pengganti daging, sebagai sayuran, dan sebagai “bahan pengental” (karena mempunyai lendir), juga mempunyai fungsi lain sebagai bahan penetral. Di dalam menu orang Tionghoa sejak dulu kala hingga saat ini, masih ada kepercayaan bahwa lendir pada jamur kuping dapat berkhasiat untuk menetralkan senyawa berbahaya yang terdapat dalam makanan. Karena itu, tidak heran pada jenis makanan yang terdiri dari banyak bahan pangan, selalu ditambahkan jamur kuping. Tujuannya, menetralkan racun jika ada dalam salah satu bahan tadi.
    Jamur merang juga merupakan sumber dari beberapa macam enzim terutama tripsin yang berperan penting untuk membantu proses pencernaan. Jamur merang dapat juga dijadikan sebagai makanan pelindung karena kandungan vitamin B-kompleks yang lengkap termasuk riboflavin serta memiliki asam amino esensial yang cukup lengkap.

    Manfaat jamur bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:
    1. Menurunkan kolesterol darah.
    2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
    3. Mengatasi gangguan pencernaan dan hati.
    4. Kaya vitamin dan mineral serta protein.
    5. Melancarkan peredaran darah.
    6. Menghambat virus HIV-AIDS.

  9. Ari achniati berkata:

    ARI ACHNIATI
    115101001111020
    Jamur merupakan sumber makanan yang kaya vitamin D.
    Studi baru menunjukkan bahwa peningkatan jumlah vitamin D dalam tubuh dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kanker prostat. Kalium dalam jamur juga menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah.
    sumber:
    http://www.Aneka.Kesehatan.AnKes/com

  10. Amelia Wima Dewantari (115100700111034) kelas : I berkata:

    Nama : Amelia Wima Dewantari
    NIM : 115100700111034
    Kelas : I
    TIP UB Malang
    Teh Kombucha adalah koloni dari hasil simbiosis antara ragi dan bakteri Acetobacter xylinum yang dikenal dengan singkatan scoby (simbiotic colony of bacteries and yeast) namun banyak juga masyarakat yang menyebutnya dengan istilah jamur kombucha walaupun tidak ada satu pun referensi yang mengatakan jamur Teh kombucha terdiri dari lembaran gelatinoid setebal 0,3-1,2 cm berbentuk piringan bulat dan dibungkus selaput liat serta hidup dalam lingkungan nutrisi teh manis yang akan tumbuh secara berulang membentuk lapisan-lapisan.
    Beberapa sumber meyakini bahwa teh kombucha telah dikenal sejak tahun 221 sebelum masehi.
    Beberapa zat yang dihasilkan oleh teh kombucha dari hasil fermentasi gula diantaranya adalah asam glucuronat yang berfungsi sebagai detoksiifikasi hepar, asam gluconat mengobati infeksi Candida, asam lactat dapat mencegah konstipasi, asam asetat dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen, asam butirat dapat memproteksi membran sel dari infeksi yeast seperti candida, dan asam usnic sebagai antibiotik alami untuk berbagai virus.
    Namun pada sumber lainnya dapat diketahui bahwa kombucha adalah suatu ramuan minuman kuno
    yang terjadi atas hasil simbiosis murni dari bakteri dan ragi yang berasal dari Asia Timur. Jamur tersebut terdiri dari gelatinoid serta membran jamur yang liat serta hidup dalam lingkungan nutrisi teh manis yang akan tumbuh berulang sehingga membentuk susunan piringan berlapis. Kombucha disebut jamur tetapi pada kenyataannya kombucha adalah kumpulan ragi dan bakteri yang tumbuh pada teh hitam. Jamurnya sendiri tidak pernah dikonsumsi, melainkan cairan hasil fermentasinya yang diminum. Jamur kombucha adalah organisme berbentuk lembaran gelatin (gel) berwarna putih dengan ketebalan antara 0,3-1,2 cm dan terbungkus selaput liat, jamur kombucha merupakan koloni dari ragi dengan beberapa bakteri. Salah satunya adalah Saccharomyces ludwigii yang bersimbiosis dengan Bacterium zylinum dan organisme lain yang ukurannya lebih kecil.
    Dengan kata lain kombucha merupakan fermentasi teh menggunakan jamur kombucha sehingga diperoleh cita rasa asam dan berbentuk lapisan nata. Kombucha memiliki benerapa manfaat yaitu :
    a). Enzim. Enzim merupakan bagian dari protein yang terkandung dalam teh Kombucha. Enzim ini berfungsi sebagai melancarkan (bahkan mempercepat) proses reaksi biokimia di dalam tubuh;
    (b). Sekelompok senyawa Asam organik pembentuk protein. Pertama, Asam amino yang berfungsi memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak. Selain itu, Asam amino ini juga dapat dijadikan andalan sebagai antibodi melawan virus dan bakteri. Kedua, Asam malat yang berfungsi untuk membersihkan segala racun dalam tubuh (detoksifikasi). Ketiga,Asam nukleat yang berperan sebagai media regenerasi sel. Keempat, Asam oksalat yang berperan sebagai pendukung sel dalam memproduksi energi. Kelima, Asam asetat. Asam ini berfungsi sebagai penghancur pertumbuhan bakteri berpenyakit (antiseptik) di dalam tubuh. Serta keenam, Asam asetatyang berfunsi sebagai melancarkan pencernaan.
    (c). Beragam vitamin B dan C.
    (d). Kombucha merupakan simbiosis antara koloni ragi, jamur, dan bakteri yang tersusun dari membran keras yang tersusun dari masa gelatin. Sel dari Kombucha adalah eukariotik. Organisme Kombucha tersebut hidup dengan memfermentasikan minuman teh. Kombucha juga mengandung berbagai enzim selulase dan protease yang dapat memecah molekul makanan menjadi senyawa yang lebih sederhana. Eceng gondok memiliki nutrisi yang cukup untuk digunakan sebagai bahan pakan pada ikan. Kandungan karbohidrat yang ada dalam eceng gondok cukup tinggi dan dapat digunakan sebagai sumber energi bagi ikan. Kandungan
    beta-karoten dan karotenoid yang ada dalam eceng gondok juga masih tinggi yang juga dapat dimanfaatkan oleh ikan. Hasil analisis menunjukkan eceng gondok memiliki nilai nutrisi yang cukup untuk digunakan sebagai bahan pakan dan dalam keadaan segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

    Sumber :
    -http://eprints.undip.ac.id/24315/1/Angga.pdf
    -http://fpk.unair.ac.id/backup/administrator/components/com_jresearch/files/publications/12%20salim.pdf
    -http://eprints.uns.ac.id/3952/1/47610805200909031.pdf
    -http://indokombucha.wordpress.com/news/kompas/sehat-dan-cantik-bersama-jamur-teh-kombucha/

  11. Amelia Wima Dewantari (115100700111034) kelas : I berkata:

    Nama : Amelia Wima Dewantari
    NIM : 115100700111034
    Kelas : I
    TIP UB Malang
    Teh Kombucha adalah koloni dari hasil simbiosis antara ragi dan bakteri Acetobacter xylinum yang dikenal dengan singkatan scoby (simbiotic colony of bacteries and yeast) namun banyak juga masyarakat yang menyebutnya dengan istilah jamur kombucha walaupun tidak ada satu pun referensi yang mengatakan jamur Teh kombucha terdiri dari lembaran gelatinoid setebal 0,3-1,2 cm berbentuk piringan bulat dan dibungkus selaput liat serta hidup dalam lingkungan nutrisi teh manis yang akan tumbuh secara berulang membentuk lapisan-lapisan.
    Beberapa sumber meyakini bahwa teh kombucha telah dikenal sejak tahun 221 sebelum masehi.
    Beberapa zat yang dihasilkan oleh teh kombucha dari hasil fermentasi gula diantaranya adalah asam glucuronat yang berfungsi sebagai detoksiifikasi hepar, asam gluconat mengobati infeksi Candida, asam lactat dapat mencegah konstipasi, asam asetat dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen, asam butirat dapat memproteksi membran sel dari infeksi yeast seperti candida, dan asam usnic sebagai antibiotik alami untuk berbagai virus..
    Namun pada sumber lainnya dapat diketahui bahwa kombucha adalah suatu ramuan minuman kuno yang terjadi atas hasil simbiosis murni dari bakteri dan ragi yang berasal dari Asia Timur. Jamur tersebut terdiri dari gelatinoid serta membran jamur yang liat serta hidup dalam lingkungan nutrisi teh manis yang akan tumbuh berulang sehingga membentuk susunan piringan berlapis. Kombucha disebut jamur tetapi pada kenyataannya kombucha adalah kumpulan ragi dan bakteri yang tumbuh pada teh hitam. Jamurnya sendiri tidak pernah dikonsumsi, melainkan cairan hasil fermentasinya yang diminum. Jamur kombucha adalah organisme berbentuk lembaran gelatin (gel) berwarna putih dengan ketebalan antara 0,3-1,2 cm dan terbungkus selaput liat, jamur kombucha merupakan koloni dari ragi dengan beberapa bakteri. Salah satunya adalah Saccharomyces ludwigii yang bersimbiosis dengan Bacterium zylinum dan organisme lain yang ukurannya lebih kecil.
    Dengan kata lain kombucha merupakan fermentasi teh menggunakan jamur kombucha sehingga diperoleh cita rasa asam dan berbentuk lapisan nata. Kombucha memiliki benerapa manfaat yaitu :
    a). Enzim. Enzim merupakan bagian dari protein yang terkandung dalam teh Kombucha. Enzim ini berfungsi sebagai melancarkan (bahkan mempercepat) proses reaksi biokimia di dalam tubuh;
    (b). Sekelompok senyawa Asam organik pembentuk protein. Pertama, Asam amino yang berfungsi memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak. Selain itu, Asam amino ini juga dapat dijadikan andalan sebagai antibodi melawan virus dan bakteri. Kedua, Asam malat yang berfungsi untuk membersihkan segala racun dalam tubuh (detoksifikasi). Ketiga,Asam nukleat yang berperan sebagai media regenerasi sel. Keempat, Asam oksalat yang berperan sebagai pendukung sel dalam memproduksi energi. Kelima, Asam asetat. Asam ini berfungsi sebagai penghancur pertumbuhan bakteri berpenyakit (antiseptik) di dalam tubuh. Serta keenam, Asam asetatyang berfunsi sebagai melancarkan pencernaan.
    (c). Beragam vitamin B dan C.
    (d). Kombucha merupakan simbiosis antara koloni ragi, jamur, dan bakteri yang tersusun dari membran keras yang tersusun dari masa gelatin. Sel dari Kombucha adalah eukariotik. Organisme Kombucha tersebut hidup dengan memfermentasikan minuman teh. Kombucha juga mengandung berbagai enzim selulase dan protease yang dapat memecah molekul makanan menjadi senyawa yang lebih sederhana. Eceng gondok memiliki nutrisi yang cukup untuk digunakan sebagai bahan pakan pada ikan. Kandungan karbohidrat yang ada dalam eceng gondok cukup tinggi dan dapat digunakan sebagai sumber energi bagi ikan. Kandungan beta-karoten dan karotenoid yang ada dalam eceng gondok juga masih tinggi yang juga dapat dimanfaatkan oleh ikan. Hasil analisis menunjukkan eceng gondok memiliki nilai nutrisi yang cukup untuk digunakan sebagai bahan pakan dan dalam keadaan segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

    Sumber :
    http://eprints.undip.ac.id/24315/1/Angga.pdf
    http://eprints.uns.ac.id/3952/1/47610805200909031.pdf
    http://fpk.unair.ac.id/backup/administrator/components/com_jresearch/files/publications/12%20salim.pdf
    http://indokombucha.wordpress.com/news/kompas/sehat-dan-cantik-bersama-jamur-teh-kombucha/

  12. Desy Himmatul Izze \ 115101013111002 \ S berkata:

    Ada puluhan sampai ribuan jenis jamur yang bisa ditemukan dialam. Namun yang sudah dibudidayakan hanya beberapa jenis saja, budidaya jamur yakni, terbatas pada jamur yang biasa dikonsumsi dan punya nilai ekonomis. Jamur yang dibudidayakan umumnya dari Sub Klas Basidiomycetes. Berdasarkan sistematika tumbuhan, Sub Klas basidiomycetes dibagi kedalam beberapa famili, diantaranya Tremellaceae, Auriculariaceae,Cantharellaceae, Boletaceae, dan Agaricaceae.
    Jenis Jamur
    • Jamur Maitake
    Jamur Maitake (Grifola sp) memiliki sebutan khusus yaitu “Hens of the wood” atau ayam betina dari kayu. Sebutan ini diberikan karena bentuk jamur maitake sangat mirip dengan jengger ayam. Seperti halnya pada jamur lingzhi, jamur maitake juga dikenal masyarakat sebagai bahan obat.
    Manfaat : Kandungan senyawa pada jamur maitake dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-kanker dan anti-HIV. Biasanya pemanfaatan jamur maitake bisa berupa ekstrak maupun dalam bentuk serbuk.

    JAMUR MAITAKE
    Berbagai penelitian menunjukan bahwa Jamur Maitake, memiliki aktivitas anti-tumor yang kuat. Nanba(1997) mengamati bahwa terdapat regresi tumor atau perbaikan simtomatis yang signifikan, setelah pemberian maitake pada 11 pasien dari 15 pasien yang mederita Karsinoma Hepatoseluler. Bahkan saat maitake dikombinasikan dengan kemoterapi, respon ke seluruh tubuh meningkat 12-28% pada semua jenis kanker. FDA telah menyetujui penggunaan maitake untuk pasien penderita kanker dengan metastatis/penyebaran.(*)

    Proses ekstraksi jamur Maitake menghasilkan potensial dari polisakarida Beta-Glukan yang paling tinggi untuk penggunaan secara oral. Fraction bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker, aktifitas HIV dan penyakit-penyakit yang muncul akibat infeksi sekunder pada penderita HIV.
    Molekul-molekul polisakarida yang potensial sebagai immunostimulan ditemukan banyak sekali dalam jamur Maitake. Polisakarida tersebut mengaktifkan sel-sel pertahanan tubuh, termasuk makrofag, sel pembunuh alamiah, juga berpotensi untuk mengaktifkan bermacam-macam agen system imun, termasuk limfokinine, interleukin 1 (IL-1) dan interleukin 2 (IL-2).

    Bubuk jamur Maitake
    bubuk jamur Maitake asli yang dibudidayakan tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida serta dikontrol melalui computer di dalam lingkungan yang terjamin kebersihannya. Varietas jenis jamur Maitake ini dirancang khusus untuk penggunaan secara oral (diminum) dan berfungsi sebagai adaptogen.

    Maitake yang digunakan secara oral (diminum) mengaktifkan secara langsung bermacam-macam sel pertahanan tubuh (makrofag, sel pembunuh alamiah, sel-T pembunuh) yang secara alami akan menyerang tumor atau kanker dan penyebab infeksi oportunistis.
    Maitake juga berpotensi untuk mengaktifkan bermacam-macam agen system imun, termasuk limfokine, interleukin 1 (IL-2) dan interleukin 2 (IL-2).

    LINK :
    http://regalseven.blogspot.com/2012/08/medical mushrooms.html#Cw7jkeZ1Vysj7TM2.99
    http://bestbudidayatanaman.blogspot.com/2012/08/jenis-jamur-konsumsi-yang-dibudidayakan.html
    http://bisnisukm.com/macam-macam-jamur-dan-manfaatnya.html
    http://regalseven.blogspot.com/2012/08/medical-mushrooms.html
    http://sirajajamur.site90.net/1_2_Products.html

    • RARA ANGELINA PUSPITA HADI/125100318113029/TIP UB KEDIRI

      Jamur kancing ini berbentuk seperti kancing dengan tekstur kenyal dan memiliki beragam jenis. Ada yang bisa dimakan dan ada juga beracun. Tapi untuk saat ini Anda gak usah khawatir jika jamur yang Anda makan nanti beracun, karena sudah banyak yang dibudidayakan sehingga sudah dipilih mana yang layak dimakan dan mana yang tidak layak untuk dimakan.Lalu apa saja nutrisi yang terkandung didalam Jamur kancing? dikutip dari FitDay.com, nutrisi yang terkandung adalah Niacin, Riboflavin, Folate, Fosfor, Zat besi, Panthothenic Acid, Zinc, Potassium, Copper, Magnesium, Vitamin B6, Selenium dan Thiamin.
      Semua nutrisi yang terkandung didalam Jamur Kancing tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selanjutnya berikut ini Manfaat Jamur Kancing bagi kesehatan.
      1. Melawan Sel Kanker
      Ekstraksi dari Jamur kancing ini bermanfaat untuk menurunkan aktivitas dari sel kanker dan juga bisa mengurangi ukuran tumor di dalam tubuh. Untuk itu disarankan bagi penderita tumor payudara dan prostat untuk mengonsumsi jamur kancing ini.
      2. Cocok Untuk menurunkan berat badan
      Salah satu manfaat yang disukai oleh wanita adalah bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Jamur kancing bisa dimasukkan ke dalam menu harian karena selain rasanya kenyal dan mirip dengan daging, jamur kancing juga sangat rendah kandungan kalori, karbohidrat, lemak dan juga sodiumnya.
      3. Kandungan potassium Tinggi
      Potassium tinggi tidak hanya pada pisang saja, tapi Jamur Kancing juga memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Potassium berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan juga menyeimbangkannya hal ini tentu saja bisa mencegah terjadinya stroke.
      4. Memiliki Kandungan Antioksidan
      Jamur Kancing ternyata juga mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.Sehingga mampu melawan sel kanker dan bisa memperbaiki immune tubuh. Selain itu bisa juga mencegah migrain, dan juga melawan AIDS.
      5. Kaya akan serat
      Jamur kancing mengandung serat yang bisa membantu memperlancar pencernaan.

      http://polahidupsehat.web.id/manfaat-jamur-kancing-bagi-kesehatan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s